الثلاثاء، 8 يناير 2013

KESALAHAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS


Nama : PUJI SISWATI
NIM : 40211106
PRODI : PGSD 3
SEMESTER 3
Menurut saya guru yang kreatif dan inofatif adalah Guru kreatif adalah guru yang selalu memandang bahwa keragaman siswa adalah sebuah potensi besar yang harus dikembangkan di sekolah sedangkan guru yang kurang kreatif adalah guru yang selalu mengedepankan keseragaman siswa. Tak boleh ada yang berbeda. Semua harus sama, dan kalau perlu membuat Rencana Program Pembelajaran (RPP) pun ‘copy and paste’(copas) seperti apa yang terjadi sekarang ini.
Guru kreatif selalu resah dan gelisah dengan strategi pembelajarannya, dan selalu memperbaiki dirinya dengan berbagai penelitian tindakan kelas. Mencoba mencari metode-metode baru dalam pembelajaran sehingga hasilnya sangat bermanfaat untuk guru lainnya. Guru kreatif adalah guru dimana dirinya sadar akan kekurangan diri dan memotivasi dirinya sendiri untuk belajar sepanjang hayat. Tak peduli orang mau bilang apa, yang penting bagi dirinya adalah bersekutu dengan ilmu pengetahuan demi kemajuan dunia pendidikan.
Guru kreatif seperti itu masih langka dalam dunia pendidikan kita. Lihatlah data dan realitas di lapangan begitu banyaknya guru di lingkungan depdiknas yang tak mampu naik pangkat karena tak sanggup membuat karya tulis ilmiah. Hal ini disebabkan karena guru terbiasa dengan keseragaman  pemikiran sehingga untuk membuat sesuatu yang berbeda diperlukan sebuah perjuangan keras dimana para guru harus mampu melawan dirinya sendiri.
Untuk menjadi guru yang kreatif dalam membuat karya tulis ilmah diperlukan sebuah perencanaan pembelajaran yang matang, tindakan pembelajaran yang menantang, proses pengamatan yang cemerlang, dan refleksi diri dengan teman sejawat bahwa pembelajaran telah membuahkan keberhasilan. Semua kegiatan itu dicatat prosesnya, dan  terangkum dalam penelitian tindakan kelas (PTK) yang membuat guru akhirnya mampu membuat sebuah karya tulis ilmiah.







Nama : PUJI SISWATI
NIM : 40211106
PRODI : PGSD 3
SEMESTER 3

Menurut saya Kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh seorang guru  di dalam kelas adalah sebagai berikut:
1.       Guru kurang memahami karakter masing-masing siswanya.
2.       Cara menyampaikan sebuah materi pembelajaran guru kurang bisa menerangkan dengan jelas.
3.       Guru kurang memahami materi pelajaran.
4.       Guru yang selalu memperhatikan murid yang disenanginya saja dan mengabaikan murid yang lainnya.
5.       Guru tidak pernah memberikan motivasi-motifasi kepada siswanya.

ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق